You could put your verification ID in a comment Or, in its own meta tag Or, as one of your keywords sportjosua: Mengenal Sistem Cloud Computing

Wednesday, November 28, 2012

Mengenal Sistem Cloud Computing


Jika anda mempunyai MAC, pasti anda tahu iCloud. iCloud sebenarnya hanya salah satu dari banyak sistem cloud yang ada di dunia ini. Cloud berguna untuk meng-sync suatu komputer kepada server cloud. Artinya, suatu tempat pada komputer kita akan terhubung dengan server cloud tersebut, lalu jika terjadi perubahan di server tersebut maka komputer kita akan mengikutinya. Misalnya jika seseorang menghapus file di server cloud, maka semua komputer yang terhubung dengan server cloud juga akan menghapus file yang sama pada komputernya. Anda membutuhkan koneksi internet untuk memakai sistem cloud. Cloud Computing sangat berguna untuk orang yang mempunyai banyak komputer agar tidak susah memindahkan dokumen-dokumennya antar komputer dan juga berguna untuk perkantoran.

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai Dropbox, salah satu penyedia layanan cloud yang lumayan terkenal. Jika anda mendaftar, anda akan mendapatkan storage gratis sebesar 2GB. Untuk mendaftar, anda bisa klik di sini. Setelah mendaftar, anda akan disuruh untuk melakukan download software Dropbox. Setelah anda menginstall software tersebut, maka akan ada folder baru bernama Dropbox (Untuk pengguna windows, default foldernya akan ada di C:\Users\usernameanda\Dropbox)

Setelah itu, anda dapat mengcopy software tersebut, dan menginstallnya pada komputer lain. Masukan username dan password yang sama dengan yang anda masukan sebelumnya. Setelah itu, jika ada file pada salah satu komputer yang masuk ke dalam folder Dropbox tersebut, maka semua komputer yang tersabung akan melakukan sync dan membuat file itu muncul di komputer lainnya yang terhubung dengan sistem cloud. Begitu juga jika anda mendelete, memindahkan, dan mengcopy data, maka semua komputer yang terhubung dengan sistem cloud akan melakukan hal yang sama.
Dropbox juga tersedia dalam bentuk mobile dan website. Untuk versi mobile, Dropbox tersedia untuk iPad, iPhone, Android, dan Blackberry. Untuk mengakses versi website, anda hanya perlu ke SINI

No comments:

Post a Comment